Kamis, 03 September 2020

APA ITU KONSELING ?

Konseling ? Apakah itu ?

Beberapa dari kita mungkin sudah seringkali mendengar istilah konseling. namun, sudah paham kah apa sebenarnya konseling itu ? bagaimana prosesnya konseling itu ? nah kali ini BK akan menjelaskan mengenai KONSELING.

Konseling adalah proses pemberian bantuan oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada seseorang yang membutuhkan bantuan (disebut konseli) melalui dialog atau percakapan mengenai permasalahan yang dialami konseli. Tujuan proses konseling bukan hanya untuk sekedar membantu konseli menyelesaikan masalahnya namun yang paling penting adalah untuk membuat konseli memiliki kemampuan menemukan dan menyadari dirinya sendiri (self discovery dan self awareness). 

Konseling berkaitan erat dengan sebuah permasalahan. Tahukah kamu apakah arti masalah itu ? Masalah adalah sesuatu hal yang mengganggu perasaan, pikiran, dan perilaku kita. jadi ketika kamu merasa terganggu pada perasaanmu pikiranmu, ataupun perilakumu, saat itulah perlu disadari bahwa kamu sedang memiliki masalah. 

Konseling bukan merupakan proses yang instan. Konseling adalah proses yang panjang dan memerlukan kesiapan hati, mental, dan pikiran. Konseling merupakan suatu perjalanan  untuk menuntunmu menemukan akar dan bibit dari persoalan/masalah yang kamu hadapi. Proses penemuan jati diri digali melalui masa lalu yang kamu miliki, pohon keluarga, prosesmu dibesarkan, pendidikan, pergaulan, karir/pekerjaan dan segala pengalaman hidup yang telah kamu lalui sehingga tercipta kepribadianmu seperti apa di saat ini.

Konselor Profesional dalam proses terapi percakapan secara kondusif dan intensif menuntunmu untuk dapat berpikir secara konstruktif, realistis, dan jangka panjang. sehingga membuatmu memiliki sudut pandang baru dan cara berpikir yang lebih baru serta dapat membuatmu memiliki perilaku atau tingkah laku yang baru. Proses diskusi dalam ruang konseling tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan membawa perubahan yang nyata secara bertahap. Jika proses tersebut telah dilalui maka diharapkan nantinya konseli dapat menguraikan permasalahan yang dihadapinya dengan sudut pandang dan cara berpikir yang baru sehingga dapat memaksimalkan kemampuan yang dirinya miliki. 

Perbedaan Konseling dan Konsultasi.

Konsultasi merupakan upaya untuk mencari tahu suatu informasi yang kamu butuhkan dengan melakukan diskusi bersama orang yang lebih mengetahui hal tersebut. jadi konsultasi yaitu saling berdiskusi dan bertukar wawasan mengenai suatu hal yang ingin diketahui. 

Sedangkan konseling merupakan proses terapi agar seseorang yang memiliki masalah dapat menghadapinya dan menyelesaikan permasalahannya menggunakan kemampuannya sendiri dan dituntun oleh seorang ahli agar dapat memaksimalkan perkembangan dirinya.

jadi, konsultasi dan konseling itu berbeda ya... sudah tahu perbedaannya ? Ya.. bedanya adalah pada tingkat keparahan dari masalah yang dialami seseorang. jika menurutmu masalah yang sedang kamu hadapi hanya butuh sekedar bertanya dan berdiskusi berarti kamu hanya perlu melakukan konsultasi ya.  Namun, jika masalahmu sudah terlampau parah dan mengganggu kegiatanmu sehari-hari maka kamu membutuhkan segera tindakan konseling. 


        Pada era digital seperti saat ini, kita dapat mengakses dan melakukan hampir segala hal melalui smartphone kita, dari sekadar mencari informasi hingga membeli makanan. Sekarang kita juga bisa menggunakan smartphone untuk mendapatkan layanan konseling dari konselor profesional. layanan konseling secara online pun kini mulai digalakkan pengaplikasiannya karena mengikuti situasi dan keadaan yang ada. SMKN 1 Cibinong pun mulai melakukan berbagai layanan BK secara online loh. tidak hanya bimbingan ataupun konsultasi, tetapi juga konseling secara online melalui whatsapp. bagaimana tahapannya agar dapat konseling secara online? berikut adalah tahapannya. 

  1. Mengisi form pendaftaran pada link  https://forms.gle/iABUZUKJkfbnJXFX8
  2. Tuliskan secara singkat permasalahanmu di kolom yang tersedia untuk mempermudah kami dalam mengidentifikasi masalah yang sedang kamu alami.
  3. Kamu dapat memilih dengan siapa kamu ingin konseling, namun akan disesuaikan kembali dengan situasi dan kondisi yang ada.
  4. Submit Form dan konfirmasikan ke salah satu Guru BK melalui whatsapp bahwa kamu telah submit Form Daftar konseling ini. Sangat penting untuk langkah Konfirmasi karena akan segera tertangani setelah melakukan "Konfirmasi".


Tidak perlu khawatir akan kerahasiaan data dan cerita yang kamu tuliskan disini karena BK memiliki asas yang salah satunya adalah asas kerahasiaan.
*bagi yang ingin konsultasi saja, bisa langsung menghubungi salah satu guru BK dengan cara menghubungi melalui whatsapp para guru BK dan
tidak perlu mengisi FORM DAFTAR KONSELING. 


No. whatsapp guru BK adalah sebagai berikut :

Bu Dewi Lestari       087873883391

Bu Intan Yohanita    081385035255

Bu Kania Yunita       082211248742

Bu Anni Badriah 081295283082

Pak Ibrahim Gaza 087881156806


untuk mengisi FORM DAFTAR KONSELING dapat menklik link yang tertera di bawah ini :

https://linktr.ee/BkSMKN1Cibinong

 

Terimakasih telah membacanya sampai akhir. sekian info dari kami terkait Konseling. 

jika ada yang ingin kamu sampaikan kepada guru BK jangan ragu ya. kami ada untuk mendengarkan keluh kesahmu :)

 

 

 

 

 

SUMBER :

https://mudakonselor.blogspot.com/2015/02/apakah-itu-konseling.html

https://get-kalm.com/id/2018/11/07/konseling-online-apa-itu/

 

 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar