Kamis, 29 November 2018

Apasih tes MBTI itu?

Buat kalian yang kemarin membaca blog kita di postingan sebelum-sebelumnya atau yang denger-denger mengenai test MBTI pasti pada bingung deh test MBTI itu apa, bener engga sih? Atau ada yang sudah tau mengenai test MBTI? Yang sudah tau coba tolong jelaskan di kolom comment ya, hihihi. Bagi yang belum tahu yuk silahkan di simak penjelasan berikut.
MBTI merupakan alat yang dipakai untuk memahami kepribadian manusia, yang dikembangkan oleh Briggs dan Myers (Dalam Wang et.al, 2012) pada masa Perang Dunia II. MBTI merupakan singkatan dari Myers Briggs Type Indicator. Briggs dan Myers mengembangkan teori kepribadian tersebut dari konsep Carl Gustav Jung, psikolog asal Swiss. Sejarah MBTI dimulai dengan Carl Jung, pendiri psikologi analitis. Jung percaya bahwa orang-orang mendapatkan energi dari dunia luar (Extraversion) atau dunia internal mereka sendiri (Introversion). Dia juga mengamati bahwa orang mengambil informasi (Perceiving) atau mengorganisir informasi dan memunculkan kesimpulan (Judging) (Wandrial, 2014). Awalnya indikator ini digunakan untuk dunia kerja, namun dalam perkembangannya ukuran ini bisa dipakai pada berbagai aspek kehidupan seperti tempat kerja, sekolah, komunitas sosial dll
Terdapat 16 tipe kepribadian dalam MBTI ini, diantaranya:


Nah itulah tipe-tipe kepribadian dari MBTI. Untuk mengetahui tipe kepribadian kalian, tentunya kalian harus mengikuti tes dulu. Kalian tidak akan mengetahui tipe kepribadian kalian tanpa mengikuti tes MBTI. Maka dari itu bagi yang ingin mengetahui tipe kepribadian kalian yuk mengikuti tes MBTI, caranya cukup dengan berkonsultasi ke ruang BK selama tiga kali, dan kalian akan di izinkan untuk mengikuti tes MBTI, hasilnya langsung diberitahu saat itu juga loohhh.
Yuk caritahu tipe kepribadian kalian :)





Sumber:
Wandrial, Son. (2014). Tipe Kepribadian pada Mahasiswa Kelas Manajemen Universitas Bina Nusantara dengan Menggunakan Myres Briggs Type Indicator (MBTI). Jakarta: Binus Business Review. Journal  Vol. 5, hal 344-354.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar